Kerja Makin Capek

>> September 03, 2009

Azimut

Akhir-akhir ini makin hari makin tambah capek aja kerja,kenapa tidak pekerjaan yang biasanya harus di lakukan oleh dua orang mesti dikerjakan sendiri,yang seharusnya dilakukan empat orang dikerjakan dua orang bahkan kadang kala dikerjakan sendirian.

Memanglah sangat capek sekali apalagi sekarang bulan puasa kalau kebetulan masuk pagi ampun rasa udah hampir-hampir tak tahan untuk kerja lagi,tak tahulah sekarang ini banyak karyawan yang tidak mau sambung kontrak lagi mungkin saja udah cukup kali modalnya….

Dikilang ini untuk standard karyawan dalam dua shift kira-kira mau 900 orang ini terbagi dalam beberapa section baik A shift,B shift dan Nonshift.Tapi kenyataanya sekarang hanya ada kurang lebih 700 karyawan saja itulah sebab mengapa hari-hari kerja makin capek aja,tiap bulan karyawan yang cuti dan pulang ada sekitar 20 orang itupun tidak semuanya mau kembali lagi.

Aku sendiri tak tahu betul apa masalahnya kok banyak orang nggak mau sambung kontrak lagi,kalau dulu rata-rata karyawan sini bertahan sampai 4/5 tahun baru pulang kampung,tapi sekarang ada yang cuma ambil setahun aja terus balik ada yang hanya 2 tahun ada juga yang nekad kabur alias lari tanpa memberi tahu pihak majikan dan tanpa kelengkapan surat-surat seperti paspor danlain-lain.

Memang sih kenyataanya sekarang kerja banyak sekali tekanan tidak boleh buat hal-hal yang diluar ketentuan pihak majikan,anda bisa bayangkanlah kalau hari-hari yang dilakukan cuma kerja-kerja dan kerja,tidak diperbolehkan keluar dari kawasan kilang sehingga tahunya cuma asrama dan kilang/pabrik aja.

Tapi kalau difikir lebih jauh secara rasional ada benarnya juga majikan tidak membenarkan keluar dari kawasan kilang ini sebenarnya untuk keselamatan juga sih,masalahnya dulu sering ada kejadian macam-macam menyangkut keselamatan karyawan karena berkeliaran bebas diluar area pabrik,misalnya perkelaian dengan orang luar dan pernah juga ada yang kena samseng/rampok sampai-sampai harus minta bantuan polisi untuk menjaga kawasan ini.

Itulah salah satu contoh saja dan yang lebih mengharukan lagi ada yang sampai kena rogol saat bermain ditepi sungai pada malam hari itu kejadian yang paling tragis pernah dialami salah satu karyawan disini.

Tapi heran aku justru orang-orang yang baru kerja disini merasa seperti hidup dipenjara tidak boleh kemana-mana kalau mau keluar memang dibenarkan tapi harus memakai izin dan alasan yang betul-betul bisa dipertanggung jawabkan .

Satu bulan sekali/duakali saja boleh bebas keluar dari kawasan kilang pada saat terima gaji,karena gaji tidak diberikan semua secara langsung tapi dimasukkan kerekening kita disalah satu bank disini jadi kita mesti mengambilnya sendiri untuk itu diperbolehkan untuk ambil uang sekaligus jalan jalan menghilangkan kepenatan selama dalam rutinitas kerja.

Itulah sepintas gambaran suasana disini karyawan kurang kerja makin bertambah jadinya capek deh…!


Artikel Terkait



0 comments:

Posting Komentar

Ruang Corat-coret......GRATIS!

Pengikut

  © ABUTIAR BLOG Copyright 2009

Back to TOP