Primbon jawa di era moderenisasi

>> Maret 31, 2010

Hallo sobat akhirnya bisa posting lagi nih,kali ini aku akan coba membahas masalah primbon.Tentunya bagi orang jawa seperti saya bukan barang baru lagi istilah primbon itu.
Nah disini sebelumnya apasih primbon itu?ada yang tau...???
Oke arti Primbon adalah semacam perhitungan dan ramalan orang jawa. Jadi ini seperti zodiak/ramalan bintang di luar negeri,tahu kan zodiak?pasti deh semua faham.Namun ada juga yang mengatakan bahwa primbon itu bukan ramalan melainkan sebuah pengetahuan jawa,berdasarkan penglaman orang-orang terdahulu,artinya ramalan primbon ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Bahkan sampai sekarang pun masih banyak yang mempercayainya {Terbukti dengan iklan SMS primbon yang marak di TV}
Oke dilanjut...Primbon biasanya membicarakan tentang watak manusia dan hewan berdasarkan ciri fisik, perhitungan mengenai tempat tinggal (Mirip Seperi ilmu feng sui gitu), baik buruknya waktu kegiatan seperti upacara perkawinan, pindah rumah, acara sesajen dan lain sebagainya.
Dan ada juga ramalan primbon yang bersifat gaib seperti tafsir mimpi. Misalnya kalau anda bermimpi ketemu ular maka hari esok akan sial. Primbon seperti ini kayaknya bagus deh bagi kamu-kamu yang sering main togel he he...ngelantur ih.

Jadi intinya begini: arti primbon itu sebenarnya ya tentu saja adalah sebuah ramalan. Bisa juga diartikan sebagai perhitungan orang jawa mengenai segala aktifitas manusia yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung sehingga bisa dijadikan semacam pedoman sebelum melangkah lebih jauh seperti hendak mengadakan pesta perkawinan,perjodohan,bepergian dan lain-lain.
Boleh percaya boleh tidak!!,yang pasti primbon akan tetap digunakan walaupun oleh segelintir orang saja yang masih memegang adat dan tradisi jawa dimasa modern ini,oke bagaimana menurut anda???

Artikel Terkait



2 comments:

Hanna Pertiwi 1 April 2010 pukul 11.57   Reply To This Comment

salam sobat,
wah soal primbon ya, jadi penegntau lebih banyak sob, ada bukunya gak sob?
saya jg org jawa tp blm terlalu menegrti soal primbon, pengen belajar jg seh, hehehe

Salam kenal, trims udah berkunjung di rumah saya, sy follow balok ya, atau kita tukeran link sob?

Boku no Blog 3 April 2010 pukul 09.44   Reply To This Comment

Soal primbon ninch..kadang2 aku juga baca lho..
he22 terimakasih sharenya ya dan sukses selalu

Posting Komentar

Ruang Corat-coret......GRATIS!

Pengikut

  © ABUTIAR BLOG Copyright 2009

Back to TOP