Migrasi dari Windows ke UBUNTU

>> Juni 21, 2010


Akhirnya aku jatuh cinta kepadamu, Setelah beberapa tahun yang lalu aku mengenal komputer. Aku sendiri tidak pernah menjamah yang namanya linux cs. Walaupun tahu kadang hanya sekedar melirik saja. Dan tanpa ku sadari sekian tahun itulah aku merelakan mataku ini memelototi sofware bajakan dan hasil cracking yang terlukis di monitor. Mulai dari X3 yang sering kupakai. Sampai cs3 yang sering menemaniku di mana saja aku bawa laptopku. Tanpa sadar telah kugadaikan sebuah moral untuk sebuah bajakan.
Beberapa waktu yang lalu akhirnya aku terprovokasi oleh beberapa teman di blog yang lebih bermoral dengan menggunakan Linux. Menyadari akan hal itu, bagaikan terbangun dari ketidak sadaran sekian tahun itu. Aku cari semua informasi tentang distro-distro linux. Madriva yang tadinya ingin aku pakai, tapi kayaknya ada beberapa kekurangan yang belum sempat aku alami. Dan akhirnya aku putuskan untuk bermigrasi ke ubuntu. selain mesen CD ke si shipit  Akupun berusaha sekuat meungkin dengan koneksi ini untuk mendownload file iso ubuntu yang akhirnya kelar dalam 3hari karena memang koneksi internetnya sangat lemot namun karena suatu niat yang tulus Alhamdulillah berhasil juga.

Setelah burning ke cd pakai nero punya mas win***. Di suatu malam aku sempatkan untuk menginstal ubuntu dengan bantuan print out tutorial hasil ngobrak-abrik perpustakaan eyang gugel. dan kupaksa laptop yang kupakai untuk latihan instalasi untuk berpoligami dengan ubuntu dengan partisi  di samping win**cs yang telah dari dulu menemaninya dengan setia ( walaupun bajakan). Dan tidak hanya itu saja aku juga mencoba linux distro lainnya, bukanya serakah. toh itu komputer mau aja di suruh berpoligami dari windows, ubuntu, opensuse, dan open solaris. dari dualboot sampai kwartedboot pernah kucoba. kekekekeke..!

Dan kini sebulan sudah sejak berbagai suka duka menggunakan ubuntu.Aku mencoba untuk mencoba untuk memodifikasinya setelah gagal instal sabily. (Saudara ubuntu juga) mungkin karena file hasil donload yang kurang valid atau mungkin proses burningnya yang kurang bener. akhirnya aku upgrade langsung lewat terminal. dengan jurus sudo apt dll. dan jadilah sekarang sabily terpasang di laptopku ini.

Dari hasil metamorvosa ubuntu menjadi sabily ada beberapa penambahan selain logo yang berganti saat loading di antaranya, islamic-islamic software yang semoga bisa mengingatkan kita selalu kepada Illahi. Aplikasi-aplikasi hebat yang di tambahkan ini hanya ada di sabily.

Langkah-langkah yang di lakukan untuk memerubah ubuntu menjadi sabily relatif mudah.

Buka jendela terminal (Aplikasi>Aksesori>Terminal), dan jalankan perintah berikut:

    sudo aptitude update && sudo aptitude safe-upgrade

Tunggu sampai update selesai.

    sudo aptitude dist-upgrade

Karena prediksi saya pasti lama porses ini saya jawab “n”
Terus masukan perintah ini untuk mengambil paket sabilynya

    sudo wget http://www.sabily.org/sources.list.d/`lsb_release -cs`.list –output-document=/etc/apt/sources.list.d/sabily.list; sudo apt-get -q update; sudo apt-get –yes -q –allow-unauthenticated install sabily-keyring; sudo apt-get -q update

Kemudian instal paket sabily:

    sudo aptitude install sabily

Jawab “Y” ketika dibutuhkan.
Jika Anda ingin menambahkan paket WebStrict (Web Content Filtering tool), jalankan perintah berikut:

    sudo aptitude install webstrict

Kemudian, restart komputer Anda.

Dan sekarang aku menunggu release sabily terbaru yaitu SABILY 10.04 dengan kodename MANARAT.

Loading image
Click anywhere to cancel
Image unavailable

Artikel Terkait



Posting Komentar

Ruang Corat-coret......GRATIS!

Pengikut

  © ABUTIAR BLOG Copyright 2009

Back to TOP